PERENCANAAN AIR MANCUR MENARI - BAGIAN 3

Bagian berikutnya untuk perancanaan air mancur menari akan kami lanjutkan pembahasannya. Topik utama kali ini adalah penentuan peralatan air mancur menari yang akan digunakan pada proyek air mancur dan tata cara pemasangan di lapangan. Setelah desain difinalisasi dan telah dilakukan pemeriksaan pada lokasi kolam air mancur dan fasilitas di sana.

Gambar Pemipaan Sistem Filtrasi Air Mancur

Gambar Pemipaan Sistem Filtrasi Air Mancur

Biasanya tahapan penentuan peralatan air mancur menari dapat dilakukan paralel atau bersamaan dengan tahapan perencanaan kolam air mancur. Dapat juga penentuan perlengkapan air mancur menari tersebut dilakukan terlebih dahulu tergantung akan keperluan yang ada (misalkan klien hendak memastikan anggaran air mancur menari dapat dipenuhi).

Penentuan perlengkapan air mancur menari dimulai dengan mencari tipe alat yang dapat memberikan efek semburan air mancur menari yang diinginkan. Misalkan nosel air mancur, lampu air mancur dan pompa air mancur. Setelah itu dilakukan perhitungan hidrolik untuk memastikan bahwa pompa air mancur dapat memberikan cukup tekanan head dan debit air untuk menghasilkan efek yang diinginkan. Untuk lampu air mancur, dipastikan tingkat intensitas penyinaran dan sudut penyinaran lampu air mancur dapat mencakupi sebaran dari semburan air mancur. Biasanya diperlukan kalkulasi teknis untuk menentukan kebutuhan hidrolik air seperti parameter friction loss, head loss, nozzle coefficient, geometric head, dan lain-lain. Nilai perhitungan tersebut akan berbeda tergantung dengan kondisi lapangan, tipe nosel air mancur, ukuran pipa dan ukuran pompa air mancur yang digunakan. Pastikan kontraktor air mancur atau konsultan air mancur yang anda gunakan memahami hal-hal tersebut.

Gambar Wiring Peralatan Air Mancur Menari

Gambar Wiring Peralatan Air Mancur Menari

Perencanaan air mancur menari yang baik tentunya harus memperhatikan juga tingkat konsumsi daya listrik. Yang terbaik adalah dengan menggunakan pompa air mancur yang memiliki rating efisiensi energy yang tinggi serta lampu air mancur yang memiliki sertifikasi energy coefficient rating A. Pompa air mancur dan lampu air mancur yang sangat efisien dan hemat energi tersebut dapat ditemukan pada merek OASE buatan Jerman yang sering kami gunakan untuk proyek eksklusif yang mengutamakan kualitas dan daya tahan tinggi.

Setelah peralatan air mancur menari dan semua kebutuhannya telah dirancang, maka tahapan berikutnya dari perencanaan air mancur menari adalah dengan menyiapkan gambar kerja. Pada gambar kerja akan ditunjukan jalur listrik, pemipaan sistem filtrasi serta denah & gambar pemasangan peralatan air mancur.

Denah 3D Jalur Air Mancur Ternate

Denah 3D Jalur Air Mancur Ternate

Gambar penunjang lainnya seperti denah modifikasi pada kolam air mancur, denah sistem kontrol air mancur serta gambar penunjang lainnya yang dibutuhkan oleh kontraktor dapat disediakan juga. Hal-hal ini sangat perlu untuk memperlancar kerja kontraktor air mancur saat memasang air mancur menari tersebut.

Tentunya gambar dan denah yang telah dirancang tersebut dapat berubah seiring jalannya waktu. Pihak konsultan, kontraktor dan pemilik proyek air mancur menari tersebut perlu berkoordinasi secara teratur agar setiap perubahan yang terjadi pada proyek dan di lapangan dapat diatasi sehingga kelancaran proyek tidak terhambat.