ASAL-USUL AIR MANCUR

Air mancur telah ada sekitar 2000 tahun yang lalu dan ditemukan di Mesopotamia. Fungsi awal dari air mancur saat itu adalah sebagai sumber air untuk kegunaan sehari-hari bagi masyarakat suatu kota atau pedesaan. Saat itu sumber air untuk air mancur selalu pada posisi yang lebih tinggi sehingga air mancur dihasilkan dengan gaya gravitasi.

Masyarakat Yunani kuno pada abad ke-6 SM mulai menghiasi air mancur. Mereka menggunakan pipa perunggu yang disambungkan ke patung kepala singa dari batu alam atau marmer yang pada bagian mulutnya akan menyemburkan air. Masyarakat Romawi kuno menggunakan sistem penyaluran air dan air mancur secara intensif untuk distribusi air di kotanya. Pertumbuhan air mancur pada kota-kota Romawi kuno sangat pesat dan mulai terlihat beberapa inovasi pada air mancur yang menjadikan kota Roma saat itu mendapat sebutan kota air mancur.

Pada abad pertengahan, pertumbuhan air mancur sangat terbatas dan banyak air mancur peninggalan kerajaan Romawi kuno terbengkalai. Air mancur hanya ada di taman istana kerajaan serta biara-biara. Setelah penyebaran agama Islam, air mancur mulai berkembang lagi oleh bangsa Arab dan Persia melalui desain taman dengan nuansa Islami. Salah satu air mancur yang terkenal adalah air mancur Alhambra yang terletak di kota Granada yang merupakan kota kerajaan Moor di Spanyol pada abad pertengahan.

Saat masa Renaissance dan Baroque, air mancur berkembang sangat pesat di Eropa khususnya di Italia. Dengan munculnya jiwa seni dan sastra pada masa tersebut, muncul banyak desain air mancur yang digabungkan dengan seni sehingga banyak bermunculan air mancur dengan keindahan estetika yang tinggi seperti air mancur St. Peter Square, air mancur di Piazza Navona, air mancur Neptune, air mancur Triton, berbagai air mancur di Istana Versailles, dan terutama air mancur Trevi yang terkenal.

Pada awal abad ke 19, air mancur terus berkembang dan mulai menggunakan beragam bahan dengan inovasi baru. Di Perancis, air mancur sebagai sumber air minum terus mengalami pembaharuan. Amerika Serikat juga mulai terjun di dalam teknologi dan inovasi air mancur. Pada akhir abad 19 dengan tibanya pompa bertenaga uap yang dapat langsung memompakan air ke bangunan, fungsi air mancur sebagai sumber air minum berakhir.

Pada abad ke 20, air mancur telah berubah fungsi sebagai dekorasi dan untuk keindahan yang dimulai dengan munculnya air mancur klasik, air mancur moderen hingga air mancur yang megah. Air mancur dengan semburan tertinggi di dunia awalnya dimulai dari air mancur Jet D'eau di Jenewa dan saat ini rekor air mancur dengan semburan tertinggi di dunia adalah air mancur Raja Fahd di Jeddah.

Seiring dengan tibanya periode digital pada akhir abad ke 20, air mancur semakin berkembang dan bermunculan air mancur menari dan musikal. Air mancur musikal dengan koreografi yang paling megah saat ini adalah air mancur Dubai. Selain itu, terdapat banyak variasi air mancur yang dikendalikan secara digital baik semburan air, pencahayaan hingga kombinasi musik yang tidak kalah menariknya. Kami persilahkan untuk melihat klasifikasi model air mancur yang dijelaskan di bawah untuk mengetahui tipe air mancur yang ada.

 

Sumber:

  • Clark, E. The Arts of the Islamic Garden. Ramsbury: The Crowood Press Ltd, 2011.
  • Palace of Versailles. "The Fountains." [online] Available at: http://en.chateauversailles.fr/explore-the-estate/the-garden/the-copses/the-fountains
  • Wikipedia, The Free Encyclopedia, 31 January 2015. “Fountain.” [online] Available at: http://en.wikipedia.org/wiki/Fountain
 

KLASIFIKASI AIR MANCUR

 

                   Air Mancur Arsitektural (Architectural Fountain)

                 Air Mancur Arsitektural (Architectural Fountain)

Air mancur arsitektural sering kita jumpai di mana saja dalam berbagai ukuran di Indonesia. Air mancur ini digunakan untuk mempercantik ruang dan bangunan. Biasanya sering dijumpai pada tempat-tempat umum maupun pribadi mulai dari taman kota, gedung perkantoran, rumah sakit, bangunan pemerintahan, mall & apartemen dan lain-lain. Dengan adanya air mancur arsitektural dapat memberikan suasana yang sejuk dan nyaman.

 
                             Air Mancur Mengapung (Floating Fountain)

                           Air Mancur Mengapung (Floating Fountain)

Air mancur mengapung biasanya agak jarang dijumpai di Indonesia. Umumnya digunakan di lapangan golf dan juga pada kolam atau danau buatan besar yang terdapat di perumahan mewah dan mall. Air mancur tipe ini selain untuk menambah keindahan juga berfungsi untuk membantu aerasi agar kolam atau danau mendapat cukup oksigen. Air mancur mengapung digunakan untuk tempat yang tidak memungkinkan pemasangan air mancur secara mudah.

 
 
                                    Air Mancur Kolam Kering (Dry Deck Fountain)

                                  Air Mancur Kolam Kering (Dry Deck Fountain)

 
 

Air mancur kolam kering mulai populer dan hadir di Indonesia. Air mancur ini bisa dalam bentuk statis (semburan dengan pola tetap) atau bentuk dinamis (semburan yang dapat berganti-ganti atau melompat). Air mancur kolam kering ini memiliki beberapa fungsi. Salah satunya adalah menjadi air mancur interaktif dalam arti orang (biasanya anak-anak) dapat menyentuh air tersebut dan bermain dengan air tersebut. Hanya harus diperhatikan air tersebut harus masuk dalam kualitas air bersih dalam arti memiliki sistem sterilisasi untuk mencegah penyebaran kuman penyakit. Fungsi lainnya adalah tidak adanya kolam pada permukaan sehingga lantai tersebut bisa dilalui orang saat air mancur sedang menyala maupun saat tidak menyala.

 
 

Air Mancur Menari (Dancing Fountain)
 

Air mancur menari biasanya merupakan air mancur dengan semburan dinamis. Air mancur ini biasanya menggunakan nosel statis (semburan satu arah) maupun dinamis (semburan berbagai arah). Apabila menggunakan nosel statis, maka semburannya dapat diatur dan dikoreografikan bersama dengan nosel yang lain untuk menampilkan pertunjukan air mancur yang menarik. Apabila menggunakan nosel dinamis, maka pertunjukan dapat lebih menarik lagi karena nosel dapat bergerak semburannya.

Air mancur menari bisa juga dikombinasi agar dapat mengikuti musik dan disebut menjadi air mancur menari dengan musik atau air mancur musikal.

 

Air Mancur Musikal (Musical Fountain)
 

Air mancur menari dengan musik tersedia dalam bentuk modular atau kustomisasi. Air mancur modular dirakit dalam bentuk 1 set dengan jumlah nosel, lampu, pompa dan peralatan air mancur penunjang lainnya. Para klien hanya tinggal menentukan panjang & ukuran serta spesifikasi khusus yang hendak dipesan.

Sedangkan air mancur menari dengan musik yang dikustomisasi tersedia dalam bentuk desain kreasi apa saja sesuai dengan permintaan klien. Peletakan air mancur bisa bentuk pola acak, persegi, melingkar, diletakan pada jembatan atau apa saja selama desain air mancur tersebut masuk akal dan dapat dikerjakan secara teknis.

Video di sini merupakan air mancur menari dengan musik model modular.