PERENCANAAN AIR MANCUR MENARI - BAGIAN 2

Pembahasan perencanaan air mancur menari bagian berikutnya akan kami lanjutkan kembali. Apabila tahap konsep, desain dan animasi air mancur menari telah sesuai dan disetujui, maka pembahasan berikutnya akan berfokus ke faktor kesiapan lapangan. Apabila anda belum membaca dari awal, kami sarankan untuk membaca artikel Perencanaan Air Mancur Menari - Bagian 1.

Pra-survey Lapangan di Kenjeran Sebelum Pembuatan Air Mancur Menari

Pra-survey Lapangan di Kenjeran Sebelum Pembuatan Air Mancur Menari

Apakah konsep air mancur menari serta desain air mancur menari tersebut dapat direalisasikan secara fisik di lokasi yang telah ditentukan? Pihak klien, konsultan dan kontraktor air mancur perlu memastikan bahwa lokasi di lapangan serta sarana dan prasarana dapat menunjang. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan benar, maka akan terjadi kendala pada saat pemasangan air mancur menari tersebut. Ketersediaan informasi yang mendetail sangatlah penting seperti fasilitas yang ada saat ini, gambar denah lokasi dan kolam bila ada, foto-foto lokasi serta sekelilingnya.

Apabila memungkinkan, dapat juga dilakukan prasurvey dan survey studi kelayakan untuk penerapan air mancur menari di lokasi tersebut. Konsultan air mancur yang berpengalaman dapat dengan cepat dan tepat memastikan apakah air mancur menari dapat dibangun.

 
Kondisi Kolam Air Mancur Saat Survey

Kondisi Kolam Air Mancur Saat Survey

 

Hal penting yang harus diperhatikan adalah, pekerjaan sipil kolam air mancur menari harus dikoordinasikan dengan perencanaan air mancur menari tersebut. Pekerjaan sipil kolam tidak boleh dimulai sebelum desain akhir air mancur menari telah dikonfirmasi serta peralatan air mancur menari yang akan digunakan sudah ditentukan dan difinalisasi! Sering kami di Esparindo temukan, banyak kolam air mancur sudah selesai atau setengah jalan pengerjaannya, sedangkan desain air mancur belum difinalisasi. Dan akhirnya desain air mancur sulit untuk direalisasikan dikarenakan fisik kolam tidak memadai atau menganggu proses pemasangan.

Mengapa demikian? Karena kolam air mancur memerlukan ketinggian air tertentu agar dapat bekerja dengan efisien dan tidak memboroskan air, lalu perlunya dibuatkan dudukan ataupun bisa juga menggunakan sump untuk peralatan air mancur menari yang akan dipasang. Jalur kabel kontrol dan kabel power harus disiapkan. Perlu juga sparring untuk jalur pipa baik untuk sirkulasi atau air mancur itu sendiri. Sering hal-hal tersebut diabaikan atau terlupakan.

Pekerjaan Sipil Kolam Air Mancur Menari Kenjeran

Pekerjaan Sipil Kolam Air Mancur Menari Kenjeran

Pastikan kondisi fisik kolam air mancur dan pekerjaan sipil kolam air mancur dapat menunjang desain air mancur itu sendiri. Biasanya proyek air mancur terhambat karena disebabkan fisik kolam air mancur tidak menunjang untuk pemasangan air mancur sehingga diperlukan perombakan atau pekerjaan tambah pada kolam air mancur. Hal ini pada akhirnya memperpanjang waktu kerja sehingga jadwal menjadi meleset dan juga memperbesar biaya melebihi anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada proyek anda, kami persilahkan untuk menghubungi kami di Esparindo selaku konsultan air mancur menari dan kontraktor air mancur menari yang telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang air mancur.

Lanjutan pembahasan perencanaan air mancur menari pada artikel berikutnya.