Peralatan Air Mancur Utama

Peralatan Air Mancur Yang Paling Penting

Air mancur merupakan sebuah seni yang terbentuk dari semburan air dengan berbagai bentuk sehingga dapat memperindah suatu area. Air mancur juga dapat dipadukan dengan lampu untuk dapat dinikmati dan menambah keindahan pada malam hari. Namun untuk membentuk suatu semburan air mancur yang indah, diperlukan beberapa komponen peralatan air mancur yang membentuk suatu sistem.

Berikut kita akan bahas satu per satu peralatan utama pada suatu sistem air mancur secara lebih detail yang perlu diperhatikan kontraktor air mancur maupun konsultan air mancur.

Nozzle Air Mancur

Nozzle air mancur merupakan komponen peralatan air mancur paling penting yang membentuk semburan air mancur. Nozzle air mancur terpasang di ujung pipa yang berada di dalam kolam. Setiap tipe nozzle air mancur memiliki bentuk semburan yang berbeda, sehingga kita perlu memilih nozzle air mancur sesuai dengan semburan yang kita inginkan.

Kita juga dapat mengkombinasikan beberapa model nozzle air mancur sehingga tercipta pola semburan air mancur yang unik dan indah. Tipe nozzle air mancur yang umum dipasaran adalah cascade, foam, volcano, single jet, bell jet, calyx jet, fan jet, finger jet dan lain lain. 

Nozzle air mancur biasanya dibuat dari berbagai material, mulai dari plastik, stainless steel, nikel dan bronze. Biasanya nozzle air mancur yang terbuat dari plastik digunakan untuk aplikasi air mancur kecil seperti pada kolam hias di rumah karena material plastik kurang kokoh dibandingkan dengan material dari metal. Sedangkan nozzle air mancur dengan material dari metal biasanya digunakan untuk air mancur skala besar.

Pompa Air

Pompa air mancur juga perupakan peralatan air mancur utama yang berfungsi memompakan air menuju nozzle air mancur sehingga terciptalah semburan air yang indah. Spesifikasi pompa air mancur ditentukan berdasarkan kebutuhan head dan debit yang diperlukan oleh nozzle air mancur serta tinggi semburan yang diinginkan. 1 pompa biasanya dapat mengontrol beberapa unit nozzle air mancur sehingga tidak perlu menggunakan banyak pompa air mancur.

Pompa air mancur yang digunakan ada 2 macam, yaitu pompa air mancur celup dan pompa air mancur non celup. Apabila menggunakan pompa celup, pompa biasanya langsung diinstal di dalam kolam air mancur sehingga tidak membutuhkan ruang pompa lagi. Instalasi pipa juga lebih mudah dan tidak perlu ditanam sehingga mudah di maintenance bila ada masalah.

Akan tetapi, harga pompa celup umumnya lebih tinggi dibandingkan pompa non celup. Sedangkan bila menggunakan pompa non celup, perlu dibuatkan ruang pompa untuk meletakkan pompa serta pemipaan akan lebih rumit. 

Lampu Air Mancur

Lampu air mancur ini sebenarnya merupakan peralatan tambahan yang digunakan untuk menerangi air mancur pada malam hari. Namun air mancur justru terlihat paling indah ketika dipancarkan oleh sinar dari lampu air mancur.

Lampu air mancur merupakan jenis lampu bawah air (underwater light) dengan proteksi IP 68 sehingga lampu kedap air. Lampu air mancur akan dipasang terendam dekat dengan permukaan air dan mengarah ke arah semburan air mancurnya.

Pemilihan daya lampu haruslah tepat agar lampu mampu menerangi semburan air mancur secara merata dan akan terlihat sangat indah.

Ada 2 tipe lampu air mancur, yaitu lampu halogen dan lampu LED. Namun lampu yang sering digunakan saat ini adalah tipe LED karena daya listrik yang digunakan jauh lebih kecil dibandingkan dengan lampu halogen. Selain itu lampu halogen hanya memiliki satu pilihan warna atau disebut single color, sedangkan lampu LED memiliki pilihan lampu single color dan lampu warna warni yang dapat berganti otomatis atau disebut dengan lampu RGB.

Dengan menggunakan lampu RGB, air mancur akan terlihat indah dengan kombinasi banyak warna. Apalagi ketika diaplikasikan pada air mancur menari, kombinasi lampu air mancur warna warni dan gerakan semburan air mancur membuat air mancur sangat memuaskan untuk dilihat yang membuat lampu air mancur sebagai peralatan air mancur yang penting..

Selain ketiga komponen utama yang sudah dibahas, diperlukan juga komponen tambahan lainnya berupa pemipaan, valve kontrol, kabel, panel, dan bahan lainnya untuk instalasi agar suatu sistem air mancur dapat berjalan. Selain itu, agar air di kolam air mancur tetap bersih dan jernih, diperlukan juga sebuah sirkulasi seperti halnya kolam renang. Hal ini bertujuan agar tidak ada sampah dan kotoran tidak menyumbat dan dapat merusak sistem air mancur.

Mayoritas peralatan air mancur yang disuplai oleh PT ESPARINDO DAYAMEGAH merupakan produk yang berasal dari Eropa dan Amerika sehingga kualitas produk sudah tidak diragukan lagi. Silahkan menghubungi kami untuk kebutuhan alat air mancur ataupun konsultasi mengenai seluruh sistem air mancurnya.